Browse » Kegiatan Siswa » Pelaksanaan Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris TOEIC 2023 di SMK NEGERI 1 BUDURAN

Pelaksanaan Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris TOEIC 2023 di SMK NEGERI 1 BUDURAN

Pelaksanaan Sertifikasi Internasional

Kemampuan Bahasa Inggris TOEIC 2023 di SMK NEGERI 1 BUDURAN

Dukungan Direktorat SMK untuk Meningkatan Daya Saing Lulusan

Era society 5.0 merupakan penyempurnaan dari berbagai macam konsep yang sudah ada sebelumnya di era 1.0 sampai dengan 4.0. Era 5.0 ditandai dengan penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan robot guna menciptakan kemudahan bagi segala kebutuhan masyarakat. Pendidikan menjadi salah satu area yang terpengaruh oleh era 5.0 yang menuntut kemampuan literasi digital dan keterampilan teknologi, dan memungkinkan pendidikan jarak jauh dan pembelajaran daring.

Secara keseluruhan, era 5.0 mengubah cara manusia berinteraksi dengan dunia sekitar dengan dampak signifikan pada berbagai bidang kehidupan. Dalam era 5.0 bahasa asing terutama bahasa inggris menjadi semakin penting sebagai alat komunikasi global dalam bekerja sama secara efektif dan mengakses sumber daya dan informasi yang lebih luas. Oleh karena itu kemampuan bahasa asing menjadi keterampilan yang sangat penting.

Dalam  rangka meningkatkan daya saing global di tengah perkembangan era ini, Direktorat SMK kembali menyelenggarakan kegiatan fasilitasi peningkatan kompetensi dan sertifikasi Bahasa Asing siswa SMK dengan TOEIC.

Tahun ini, SMKN 1 BUDURAN telah mengikutsertakan sebanyak 150 siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 30 siswa.  Sebelum para siswa menjalankan ujian  bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan.  Selama periode Pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Dini Larasati dan Luthfi Ibrahim dan tim melalui Zoom dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.

Pada tanggal 29 Agustus 2023, SMKN 1 BUDURAN melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi siswa kami  yang lolos seleksi. Banyak hal yang mengenang dalam berpartisipasi mengikuti program ini. Dimulai dari persiapan pengadaan tempat, alat-alat seperti computer serta bimbingan dalam memberikan instruksi kepada peserta didik. Kami berjuang semaksimal mungkin agar peserta didik mampu untuk lolos dan memiliki kesempatan untuk mengikuti tes TOEIC. Pada saat proses pelaksanaannya, tidak ada kendala yang serius yang terjadi. Puji syukur semua berjalan dengan lancar dan tertib. Semua juga tidak lepas dari dukungan Kepala Sekolah dan jajaran guru serta petugas IT. Kami ucapkan Terima kasih kepada semua pihak sehingga program ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

Harapan kami selaku pihak sekolah, program Tes TOEIC ini dapat dilakukan 2 atau 3 kali dalam setahun. Hal ini dapat membuat peserta didik agar lebih mandiri dan memiliki kesempatan yang merata. Serta tidak hanya kelas XII tapi juga kelas XI atau XIII. Seiringnya dengan hal ini, peserta didik juga akan belajar banyak hal. Mereka akan memiliki pengalaman dan menambah wawasan utamanya dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Hal ini juga akan mendorong peserta didik untuk lebih termotivasi dalam belajar Bahasa Inggris. Selain itu, kami harap dalam setiap tes, perwakilan dari Tim Vierra memiliki kesempatan untuk berjumpa di lokasi tes / sekolah sehingga kami pihak sekolah memiliki komunikasi yang cukup dan kepala sekolah mampu bekerja sama lebih dalam kolaborasi learning terkait program-program lain kedepannya.

Selain itu, harapan Siswa dan Siswi yang mengikuti proses dari seleksi hingga Tes. Kami berharap adanya arahan berupa video juga dalam mengerjakan dan memproses aplikasi Vierra. Dikarenakan ada banyak peserta didik yang tidak dapat mengakses aplikasi tersebut di Hp atau Laptop mereka sedangakan permasalahannya tidak dari gadget ataupun koneksi internet. Ada baiknya aplikasi yang digunakan untuk mengerjakan pada saat Seleksi, haruslah lebih effective dan effisien untuk di terapkan. Dengan begitu, akan banyak siswa yang memiliki kesempatan dalam mengerjakan.


tgl-post2023-09-02 author-postArief Yulianto, S.Pd label-postKegiatan Siswa
Print BeritaPrint PDFPDF



Ada 0 komentar untuk berita ini
Tinggalkan Komentar

Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.websitekamudong.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 
OKE